Senin, 19 September 2011

Pemograman berbasis Objek,Pt 2

Definisi Class

Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object.
class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan
attribut dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Orang, Kendaraan, Pohon, Buah dan lain-lain.

Konsep dasar Class

1.Class Harus bersifat unik/beda
2.Class berisi definisi dari data dan method
3.Class adalah "blueprint" dari objek


Pembuatan Nama Class
1.Berisi nama Benda
2.Berisi arti formula
3.Berisi dari sebuah Sistem
4.Diawali huruf besar

Class sendiri berdiri sendiri dan jika diubah, maka di dalam kelas tersebut juga berubah.



Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apeldanlain-lain.

Membuat object
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class
yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.

String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();

hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses
class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai
reference ke instance dari class Date().

Attributes merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari
class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
Contoh : pada Class Fruit terdapat attribute : warna, berat pada object

mangga : warna berisi kuning dan berat misalkan 0.25 kg pada object

apel : warna berisi merah dan berat misalkan 0.30 kg

Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object.
Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar