Minggu, 18 September 2011

Analisa Sistem Informasi Pert 1

Pengertian SDLC

SDLC merupakan singkatan dari "System Development life cyle

Pengembangan sistem atau System development, dapat berarti menyusun suatu system yang baru untuk menggantikan system yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. sistem yang lama perlu diperbaiki atau diganti disebabkan karena beberapa hal, yaitu :

1.Masih ada kesalahan pada Sistem yang Lama
2.Perlu pembaharuan
3.Adanya Instruksi

SDLC (System development life cycle) atau siklus hidup pengembangan sistem adalah pengembangan sistem informasi yang Menggunakan komputer. Dalam penyelesaiannya membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Proses pengembangan sistem melewati beberapa tahapan mulai sistem itu direncanakan sampai sistem
tersebut digunakan.

jika suatu sistem yang sudah dikembangkan menghadapi suatu masalah, maka perlu dikembangkan kembali suatu sistem untuk mengatasinnya. Hal inilah yang dinamakan siklus hidup sistem(System life cycle)
atau lebih gampangnya pembaharuan sistem.


Pada System life cycle, tiap-tiap bagian dari pengembangan sistem dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu :



1.Perencanaan sistem (system planning)
2.Analisis sistem (system analysis)
3.Desain sistem (system design)
4.Seleksi sistem (system selection)
5.Implementasi sistem (system implementation)
6.Perawatan sistem (system maintnance)



Sambil kita mengenal SDLC saya terangkan beserta contohnya, :

1.Analisis Sistem.

pada analisis ini adalah melakukan beberapa survey terhadap apa yang akan dibutuhkan dan terjadi pada saat system(aplikasi) akan dibuat dalam SDLC,

Contohnya Sistem absensi siswa di SMA Maju jaya
Maka kita harus tahu, apa apa saya yang di butuhkan agar sistem ini bisa berjalan dengan sempurna, Mulai dari SDM yang membuat sistem sampai SDM yang akan memakai sistem

2.Desain Sistem.

Kita mendesain bagaimana Alur Sistem itu nantinya berjalan, misal prosedur absensi dimulai dari memasukkan nama dan nomor induk siswa, lalu pilih kelas siswa dan lain - lain.

3.Seleksi Sistem

Kita menyeleksi Teknologi apa yang mau digunakan untuk menjalankan sistem, dan yang pastinya sesuai kebutuhan. Misal,Absensi pada SMA tersebut menggunakan metode apa? Online Apa Offline?

4.Implementasi Sistem

Setelah kita menyeleksi sistem, kita terapkan sistem yang kita akan buat menggunakan IT yang kita pilih juga, Misal Absensi Siswa secara Online, maka harus kita siapkan seperti Server, Admin server, Databasenya, dan lain - lain

5.Merawat sistem

Setelah yakin sistem berjalan dengan sempurna, kita tidak langsung lepas tanggung jawab, kita harus menunjuk seseorang untuk merawat sistem itu sendiri..
contoh, setelah sistem jadi, Si pembuat sistem menunjuk Karyawan SMA tersebut untuk merawat sistem tersebut misal si karyawan tersebut dilatih sebagai petugas entry data, dan sebagainya.

Sekian Penjelasan dari Saya mengenai SDLC, Terima Kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar